Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Laboratorium Internet Dasar Universitas Gunadarma

Laboratorium Internet Dasar Universitas Gunadarma

Pada kegiatan praktikum laboratorium dasar internet ini, kita mempelajari tentang dasar-dasar-dasar  internet yang ada serta yang pada umumnya kita ketahui, di internet dasar ini kita benar-benar mempelajari dasar-dasar internet dari pengetahuan awal. Meskipun kita mengambil jurusan akuntansi tetapi tetap mendapatkan praktikum ini, karena Universitas Gunadarma merupakan perguruan tinggi yang berbasis teknik informasi yang menjadi tolak ukur komputer di dalam negeri maka dari itu kita harus tetap menjaga kulitas bukan kuantitasnya saja. Keadaan fasilitas laboratorium dasar internet ini menurut saya kurang memadai, yaitu pertama dari segi komputer yang terkadang komputernya ada yang tidak bisa digunakan sehingga mahasiswa tidak dapat menerapkan materi yang disampaikan dengan baik karena keterbatasan komputer, hal ini kalau dilihat masalahnya sangat kecil tapi sangat bermasalah oleh karena itu perlu ditingkatkan lagi kualitas komputernya. Kemudian yang kedua dari segi ruangan, di laboratorium dasar internet ini ruangnya agak sempit jadi agar mahasiswa merasa nyaman dalam kegiatan praktikum ini menurut saya ruangan ini harus diperluas lagi. Dan yang ketiga dari segi koneksi jaringan dalam internet sangat lemah karena lamanya dalam search di internet itu membuat saya terganggu dan ditambah lagi ada beberapa komputer yang tidak bisa melakukan koneksi internet, jadi agar lebih kondusif lagi semuanya itu perlu ditingkatkan lagi tetapi mungkin dari semua itu penyelenggara sudah melaksanakan secara maksimal.
Tetapi saya merasa cukup mendapatkan pengetahuan yang luas dari praktikum ini meskipun dengan terbatasnya sarana dan prasarana yang telah disediakan oleh pihak kampus. Dengan materi yang telah diberikan oleh para tutor sangat membantu saya dalam praktek internet dasar ini. Laboratorium internet ini hanya skill untuk menambah skill kita dalam materi praktikum dan sehingga dapat diterapkan dengan baik tanpa mengalami kesulitan, apabila mengalami kesulitan maka para tutor akan membantu kita dan jika ada yang tidak kita ketahui tentang materi yang disampaikan kita juga dapat bertanya. Menurut saya tutor sangat interaktif dalam mengajar dan tidak ada kebosanan pada saat tutor menyampaikan materinya karena selain itu juga diselingi dengan tanya jawab sehingga kita sebagai manusia juga tidak pasif dalam kegiatan praktikum ini, dengan diberikan nilai maka kita sebagai mahasiswa aktif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh tutornya sehingga keadaan kelas sangat kompeten , semua bersaing menjawab untuk mendapatkan nilai yang baik. Menurut saya metode pengajaran bagus ketika diajarkan saya mengerti apa yang sudah dijelaskan oleh tutornya sehingga saya dapat menerapkan ilmunya kemudian saya praktikan pada saat itu juga, para tutornya pun memberikan tugas dirumah yang disebut sebagai “Laporan Akhir”  (LA) dan pada saat baru memulai praktikum pun tutornya memberikan beberapa soal yang biasa disebut dengan “Laporan Akhir” (LP).
Meskipun tutornya sudah bagus dalam menyampaikan materi tetapi menurut saya agar lebih kondusif maka tutornya ditambahkan lagi sehingga bagi yang tidak mengerti dapat langsung dihampiri dan dijelaskan. Universitas Gunadarma “LAB INTERNET DASAR” yang diperuntukan para mahasiswanya, lab ini guna untuk menambah wawasan yang luas mengenai internet. Lab dasar internet ini berlokasi di kampus D (Margonda Depok) yang terletak di gedung 3 lantai 2, Lab ini terdiri atas sekitar 20 komputer yang masing-masing komputer dapat di duduki oleh 2 orang serta komputer tersebut sudah terkoneksi oleh jaringan internet. Lab Internet Dasar ini dipimpin oleh Ibu Emma dengan beberapa asistennya,yaitu :
1.     Hendi Ravasia
2.     Andito Wasi Guntoro
3.     Akhmad Fauzi
4.     Jamaris
5.     Tito Berlian
6.     Achie
7.     Nurul Wulandari
8.     Fauziah
9.     Mita oktawiranti
10.     Efa
11.     Ulfa
Praktikum Internet Dasar ini berguna sebagai penunjang nilai di akhir semester nanti, praktikum ini hanya tiga kali pertemuan. Pertemuan pertama yaitu belajar mengenai pengenalan apa itu internet, pertemuan kedua belajar mengenai Search Engine & Blog, serta pertemuan yang ketiga ujian.
Tata cara penilaian di lab tersebut yaitu dilihat dari segi berpakaian yang rapi, pekerjaan tugas Laporan akhir dan tugas praktikum, menjawab pertanyaan dari pengajar. Selain itu lab ini mempunyai beberapa aturan penting yaitu saat memasuki lab mahasiswa wajib membawa kartu praktikum yang sudah ditempel foto, memakai kemeja berkerah dan rok/celana bahan, membawa laporan akhir, dan masuk ruangan lab tepat pada waktunya. Praktikum ini dibagi menjadi 2 shift yang setiap shiftnya berlangsung selama 1 jam. Di dalam lab ini terdapat kakak-kakak pengajar (tutor) dan asisten, Pengajar bertugas dalam menyampaikan materi secara langsung kepada mahasiswanya dan asistennya bertugas menilai laporan pendahuluan (LP) dan laporan akhir (LA) kita dan membantu mahasiswa apabila ada yang tidak mengerti. Penilaian praktikum internet cukup simple, nilai berupa tulisan DP (Delapan Puluh), DL (Delapan Lima) tergantung dengan tugas kita lengkap atau tidak dalam pengerjaannya.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar