Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

KEJUJURAN AUDITOR DAN PENGGELAPAN PAJAK (BI-01-SS-12)

-->

KEJUJURAN AUDITOR DAN PENGGELAPAN PAJAK (BI-01-SS-12)

 

Auditor merupakan seseorang yang memiliki kualifikasi tertentu dalam melakukan audit atas laporan keuangan dan kegiatan suatu perusahaan atau organisasi  untuk efisiensi dan efektifitas operasional perusahaan sehingga memperbaiki profit dengan meningkatkan pendapatan serta mengurangi fraud/kesalahan yang menyebabkan kerugian/loss dengan memperbaiki kontrol operasional. Tetapi pada masa sekarang ini sulit sekali menemukan auditor yang mempunyai kinerja seperti itu, banyak kasus penggelapan yang melibatkan audit salah satunya di bidang pajak.
Contoh masalahnya seperti:
  1. Memanipulasi Surat Pemberitahuan Masa Pajak Pertambahan Nilai (SPT Masa PPN) ke kantor pajak.
  2. Memaksimalkan biaya yang telah dikeluarkan agar dapat dibebankan sebagai pengurang penghasilan.
  3. Memilih berbagai alternatif transaksi yang memberikan efek beban pajak terendah.
  4. Melaporkan penjualan lebih kecil dari yang seharusnya.
  5. Pemalsuan dokumen keuangan perusahaan.
Contoh Kasusnya:
Setelah menetapkan tiga tersangka dalam kasus dugaan penggelapan pajak di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kantor Samsat Kabupaten Lebak, sebesar Rp1,6 Miliar, penyidik dari Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Banten, terus melakukan pengembangan, untuk mencari pelaku lain. Para tersangka diduga kuat melakukan penggelapan uang pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Baru (BBNKB), dengan kerugian mencapai Rp1,6 miliar. Kasus ini  akan segera dilimpahkan ke kejaksaan. Perbuatan itu dilakukan tersangka DFS dengan cara menghilangkan biaya BBNKB yang tertera dalam Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD). Tersangka hanya mencantumkan biaya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).
Dari kasus tersebut menyatakan bahwa kejujuran auditor dipertanyakan untuk saat ini.
Untuk menjawab masalah tersebut, sebaiknya pihak pemerintah dan DPR perlu segera membentuk tim auditor independen yang kompeten dan kredibel untuk melakukan audit investigatif atau audit forensik untuk membedah laporan keuangan.
Kejujuran adalah kunci utama untuk menjadi seorang auditor, karena dengan kejujuran tersebut akan dihasilkan laporan keuangan yang berkualitas dan tidak dirugikannya pihak manapun khususnya auditor itu sendiri. Jadi dengan seperti itu seorang auditor dapat memberikan rekomendasi yang efektif dan efisien. Sehingga profit perusahaan dapat membaik dan pendapatanpun akan meningkat.
Nama : Disty Median Vanida
NPM : 22210099
Kelas : 3EB10
                    

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar