Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tugas 1 Norma Sosial (Kelompok Liability)

Norma Sosial
Norma sosial adalah kebiasaan umum yang menjadi patokan perilaku dalam suatu kelompok masyarakat dan batasan wilayah tertentu. Norma akan berkembang seiring dengan kesepakatan-kesepakatan sosial masyarakatnya, sering juga disebut dengan peraturan sosial. Norma menyangkut perilaku-perilaku yang pantas dilakukan dalam menjalani interaksi sosialnya. Keberadaan norma dalam masyarakat bersifat memaksa individu atau suatu kelompok agar bertindak sesuai dengan aturan sosial yang telah terbentuk. Pada dasarnya, norma disusun agar hubungan di antara manusia dalam masyarakat dapat berlangsung tertib sebagaimana yang diharapkan.
Norma tidak boleh dilanggar. Siapa pun yang melanggar norma atau tidak bertingkah laku sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam norma itu, akan memperoleh hukuman. Misalnya, bagi siswa yang terlambat dihukum tidak boleh masuk kelas, bagi siswa yang mencontek pada saat ulangan tidak boleh meneruskan ulangan.
Norma merupakan hasil buatan manusia sebagai makhluk sosial. Pada awalnya, aturan ini dibentuk secara tidak sengaja. Lama-kelamaan norma-norma itu disusun atau dibentuk secara sadar. Norma dalam masyarakat berisis tata tertib, aturan, dan petunjuk standar perilaku yang pantas atau wajar.
Berikut tingkatan norma sosial yang ada di Indonesia :
1.     Cara (usage)
Cara adalah suatu bentuk perbuatan tertentu yang dilakukan individu dalam suatu masyarakat tetapi tidak secara terus-menerus.
Contoh: cara makan yang wajar dan baik serta tidak mengeluarkan suara seperti hewan.
2.     Kebiasaan (folkways)
Kebiasaan merupakan suatu bentuk perbuatan berulang-ulang dengan bentuk yang sama yang dilakukan secara sadar dan mempunyai tujuan-tujuan jelas dan dianggap baik dan benar.
Contoh: Memberi hadiah kepada orang-orang yang berprestasi dalam suatu kegiatan atau kedudukan, memakai baju yang bagus pada waktu pesta. kesopanan dalam berperilaku / berpenampilan sopan
3.     Tata kelakuan (mores)
Tata kelakuan adalah sekumpulan perbuatan yang mencerminkan sifat-sifat hidup dari sekelompok manusia yang dilakukan secara sadar guna melaksanakan pengawasan oleh sekelompok masyarakat terhadap anggota-anggotanya. Dalam tata kelakuan terdapat unsur memaksa atau melarang suatu perbuatan.
Contoh: Melarang pembunuhan, pemerkosaan, atau menikahi saudara kandung.
4.     Adat istiadat (custom)
Adat istiadat adalah kumpulan tata kelakuan yang paling tinggi kedudukannya karena bersifat kekal dan terintegrasi sangat kuat terhadap masyarakat yang memilikinya
Norma atau etika yang biasa dilanggar oleh mahasiswa yaitu seperti sering datang terlambat, sering tidak masuk kuliah, tidak mengerjakan tugas yang diberikan dosen, maka konsekuensi yang diterima mahasiswa tersebut adalah tidak lulus kuliah atau mendapat nilai E
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Norma_sosial
Social Norms
Social norms is a common habit that a standard of behavior in a society and certain regional boundaries . Norms will be developed along with community social agreements, often also referred to as social regulation . Norms regarding appropriate behaviors performed in carrying out their social interactions . Existence of norms in society are forcing individual or a group to act in accordance with social rules that have been established . Basically , the norm arranged so that the relationship between human society was orderly as can be expected .


Norms should not be violated . Anyone who violates the norms or not behave in accordance with the provisions of the norm , it will get punishment . For example , for students who are late to class should not be punished , for students who cheat during replication replicates should not continue.

Norms is the result of man-made as a social being . At first , this rule is formed by accident . Over time the norms consciously organized or formed . Norms in society berisis rules , regulations , and standards of appropriate behavior guidance or reasonable .

The following levels of social norms that exist in Indonesia :
a.       usage
usage is a form of certain acts by individuals within a community but not continuously .
Example : how to eat a reasonable and good and does not sound like an animal .
b.      folkways
Folkways is a form of repetitive actions with the same form of conscious and have clear objectives and be good and true .
Example : Give a gift to those who excel in an activity or standing , wearing nice clothes at a party . modesty in behavior / polite appearance
c.       mores
mores  is a set of actions that reflect the properties of a group of human life that is conscious to exercise oversight by a group of people against its members . In the code of conduct contained elements of force or prohibit an act .
Example : Kill , rape , or married siblings .
d.      Customs
Customs code of conduct is a collection of the highest position because it is eternal and integrated very strongly to people who have

Norms or ethical usual violated by the student is often come late, often not go to college, not a lecturer task, then the consequence is the student gets the value of E.
Source :
http://id.wikipedia.org/wiki/Norma_sosial

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar