BEKERJA
EFEKTIF DAN EFISIEN
Beberapa
hal yang bisa dilakukan untuk membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan
efisien, yaitu :
1. Mengerti latar belakang dan tujuan dari pekerjaan
yang dilakukan
Dengan
mengerti latar belakang dan tujuan dari pekerjaan tersebut, membuat karyawan
lebih fokus dan tidak mengambang, ibarat hendak melakukan perjalanan ke sebuah
tempat, pertama kali harus mengerti kemana arahnya dan untuk apa pergi kesana.
2.
Membuat perencanaan pekerjaan termasuk berapa lama waktu yang ditargetkan
Sebuah
pekerjaan harus selalu direncanakan, apa saja yang harus dilakukan dan berapa
lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikannya. Walaupun dengan cara yang
sederhana tapi jelas dan terarah, dengan rencana yang jelas dan terarah, target
waktu yang telah ditetapkan bisa dicapai.
3. Bagi pekerjaan-pekerjaan besar menjadi
pekerjaan-pekerjaan kecil
Pekerjaan yang besar susah dan butuh waktu
yang lama untuk diselesaikan, dengan membaginya menjadi pekerjaan-pekerjaan
yang lebih kecil, membuatnya menjadi lebih ringan, apalagi jika pekerjaan
tersebut bisa didelegasikan ke orang-orang yang berkompeten dibidangnya.
4. Kenali kemampuan diri dan jangan malu belajar dari
orang lain
Setiap karyawan memiliki keterbatasan, berbanding
lurus dengan pengalaman dan besarnya tanggung jawab yang pernah diemban, untuk
pekerjaan-pekerjaan tentu saja butuh bantuan orang lain, jangan malu belajar
dari orang lain. Ambil sisi positif atau keberhasilan orang lain, dan pelajari
kegagalan orang lain supaya kita tidak mengulangi kesalahan yang sama.
5. Semangat Pantang menyerah dan saling menguatkan
Semangat dan kerjasama yang baik membuat kita memiliki
energi tambahan untuk menyelesaiakan pekerjaan yang diberikan oleh atasan.
Semangat itulah yang membuat kita bertahan. Kadang karena faktor jenuh dan
rintangan yang dihadapi motivasi menjadi turun, saat itulah dibutuhkan orang
lain untuk saling menguatkan.
Tentu saja, setiap karyawan memiliki cara
masing-masing yang bisa digunakan untuk membuat pekerjaan menjadi lebih efektif
dan efisien. Dasarnya sama, mengatur waktu yang diperlukan dan menyelaraskannya
dengan target waktu yang ditetapkan. Dengan cara-cara seperti tersebut diatas,
efektivitas dan efisiensi pekerjaan dari setiap karyawan diharapkan meningkat,
walaupun tidak langsung 2X lipat seperti yang telah ditargetkan.
Nama : Disty Median Vanida
NPM : 22210099
Kelas : 3EB10
0 komentar:
Posting Komentar