Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

BEKERJA EFEKTIF DAN EFISIEN

BEKERJA EFEKTIF DAN EFISIEN

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien, yaitu :
1. Mengerti latar belakang dan tujuan dari pekerjaan yang dilakukan
Dengan mengerti latar belakang dan tujuan dari pekerjaan tersebut, membuat karyawan lebih fokus dan tidak mengambang, ibarat hendak melakukan perjalanan ke sebuah tempat, pertama kali harus mengerti kemana arahnya dan untuk apa pergi kesana.

2. Membuat perencanaan pekerjaan termasuk berapa lama waktu yang ditargetkan
Sebuah pekerjaan harus selalu direncanakan, apa saja yang harus dilakukan dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikannya. Walaupun dengan cara yang sederhana tapi jelas dan terarah, dengan rencana yang jelas dan terarah, target waktu yang telah ditetapkan bisa dicapai.

3. Bagi pekerjaan-pekerjaan besar menjadi pekerjaan-pekerjaan kecil
Pekerjaan yang besar susah dan butuh waktu yang lama untuk diselesaikan, dengan membaginya menjadi pekerjaan-pekerjaan yang lebih kecil, membuatnya menjadi lebih ringan, apalagi jika pekerjaan tersebut bisa didelegasikan ke orang-orang yang berkompeten dibidangnya.

4. Kenali kemampuan diri dan jangan malu belajar dari orang lain
Setiap karyawan memiliki keterbatasan, berbanding lurus dengan pengalaman dan besarnya tanggung jawab yang pernah diemban, untuk pekerjaan-pekerjaan tentu saja butuh bantuan orang lain, jangan malu belajar dari orang lain. Ambil sisi positif atau keberhasilan orang lain, dan pelajari kegagalan orang lain supaya kita tidak mengulangi kesalahan yang sama.

5. Semangat Pantang menyerah dan saling menguatkan
Semangat dan kerjasama yang baik membuat kita memiliki energi tambahan untuk menyelesaiakan pekerjaan yang diberikan oleh atasan. Semangat itulah yang membuat kita bertahan. Kadang karena faktor jenuh dan rintangan yang dihadapi motivasi menjadi turun, saat itulah dibutuhkan orang lain untuk saling menguatkan.
Tentu saja, setiap karyawan memiliki cara masing-masing yang bisa digunakan untuk membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Dasarnya sama, mengatur waktu yang diperlukan dan menyelaraskannya dengan target waktu yang ditetapkan. Dengan cara-cara seperti tersebut diatas, efektivitas dan efisiensi pekerjaan dari setiap karyawan diharapkan meningkat, walaupun tidak langsung 2X lipat seperti yang telah ditargetkan.




Nama : Disty Median Vanida
NPM  : 22210099
Kelas : 3EB10




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar