Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

MENGENAL BERBAGAI MACAM SAHAM SERTA SISTEM PERDAGANGAN SAHAM

MENGENAL BERBAGAI MACAM SAHAM SERTA SISTEM PERDAGANGAN SAHAM

Pengertian Saham dan Jenis-jenisnya
Saham memiliki pengertian sebagai suatu pembukuan atau nilai dalam bentuk instrumen finansial dan mengarah pada kepemilikan perusahaan. Melalui saham, perusahaan yang memerlukan dana jangka panjang dapat menjual kepentingan saham mereka dan memperoleh bayaran secara tunai. Transaksi saham ditemukan pada pasar primer maupun sekunder. Jenis saham yang diperjualbelikan juga berbagai macam. Yang akan kita bahas adalah saham biasa dan saham preferen.
  • Saham Biasa
    Jenis saham ini hanya memiliki satu jenis saja. Namun, pada beberapa perusahaan bisa jadi lebih dari satu berdasarkan kebutuhan. Jenis dari saham biasa antara lain mencakup saham kelas A, B, C, dan lain sebagainya. Tetapi, simbol huruf tersebut tidak berarti apapun. Saham biasa memiliki 3 karakteristik, yaitu pemilik saham berhak memilih dewan komisaris, tanggung jawab hanya terbatas oleh jumlah yang diberikan, dan jika ada saham baru, hak pemegang saham akan didahulukan.
  • Saham Preferen
    Saham ini tergolong campuran karena karakteristiknya mirip dengan saham biasa. Ada 4 karakteristik dari saham preferen. Pertama, saham terdiri dari berbagai tingkat dengan karakteristik berbeda-beda. Kedua, dividen yang bersifat kumulatif, artinya pembayaran saham dapat dilakukan secara berkala. Ketiga, karakteristik saham ini mencakup prioritas dividen yang lebih tinggi dibanding saham biasa. Dan yang keempat adalah saham ini boleh diubah menjadi saham biasa berdasarkan kesepakatan.
Selain jenis-jenisnya, saham juga memiliki berbagai kategori. Kategori saham antara lain adalah sebagai berikut.
  • Income Stock. Saham ini dapat mengalami kenaikan pembayaran dividen yang lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya.
  • Speculative Stock. Saham yang dikategorikan dalam hal ini memiliki pendapatan yang konsisten tiap tahunnya bahkan semakin meningkat.
  • Growth Stock. Kategori ini dibagi atas 2 jenis, yaitu lesser-know dan well-know.
  • Blue Chip Stock. Kategori ini merupakan jenis saham biasa namun reputasinya tinggi di bidangnya sehingga penghasilannya dan pembayaran dividen bersifat tetap.
  • Counter Cyclical Stock. Saham ini tidak dipengaruhi oleh kondisi bisnis secara umum ataupun makro.
Mengenal Sistem dan Perdagangan Saham
·         Seseorang yang ingin membeli saham dapat melakukannya melalui broker. Tujuan membeli saham yakni memperoleh keuntungan melalui peningkatan nilai saham serta memperoleh dividen. Perdagangan saham di Indonesia dimulai dengan kelipatan 500 lembar (1 lot). Namun, saham yang tidak mencapai 500 lembar atau disebut dengan saham pecahan tetap dapat ditransaksikan dengan cara over the counter. Transaksi saham yang dilakukan pertama kali disebut dengan Initial Public Offering. Selanjutnya, jika muncul saham baru, pemegang saham lama diberi hak untuk lebih dulu membeli. Hak ini dinamakan Right Issue atau hak memesan efek terlebih dahulu.
·         Seorang investor diwajibkan menjadi nasabah di perusahaan efek dengan membuat rekening serta menginvestasikan sejumlah uang sesuai ketentuan perusahaan. Selanjutnya investor boleh melakukan transaksi. Ketentuan minimal dalam membeli sebuah saham tidak sama di tiap perusahaan. Misalnya, transaksi pembelian saham di Bursa Efek Indonesia adalah minimal 1 lot yang terdiri dari 500 lembar. Sedangkan, pada perusahaan lain kemungkinan tidak memiliki batasan minimal.
·         Ya, perdagangan saham merupakan perkembangan yang positif dalam dunia bisnis. Oleh sebab itu, sangat penting jika kita mengetahuinya mulai dari sekarang sebagai persiapan untuk masa depan.



Sumber :
http://5persen.com/jenis-perdagangan-saham.html



Nama : Disty Median Vanida
NPM  : 22210099
Kelas : 3EB10






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar